Yuk Lihat Persiapan Sebelum Umrah

Persiapan sebelum umrah harus dilakukan dengan sebaik-baiknya. Banyak orang mengabaikan langkah-langkah yang harus dipersiapkan. Persiapan tersebut tidak bisa dan tidak mungkin dilakukan dalam waktu yang singkat. Diperlukan kesabaran untuk menjalani setiap prosesnya.

Dalam artikel ini akan dijelaskan hal apa saja yang harus dipersiapkan sejak dini ketika sudah diniatkan untuk menjalani ibadah umrah. Penjelasan singkat namun menyeluruh bisa Anda baca sampai tuntas.

Persiapan Sebelum Umrah

Persiapan Diri Sebelum Umrah

Dimulai dari diri sendiri, siapkan hal berikut ini ;

Siapkan Batin

mempersiapkan biaya umroh adalah ibadah yang mulia bagi seorang Muslim yang memiliki banyak keutamaan, diantaranya yaitu ; menghapus dosa, menghilangkan kefakiran dan berpahala yang setara dengan haji jika dilakukan pada bulan suci Ramadhan. Agar apa yang menjadi niatan itu tadi dapat dipermudah, hal berikut ini bisa Anda lakukan ;

  • Bertaubat
    Dosa merupakan salah satu penghalang untuk diterimanya amal ibadah seseorang oleh Allah SWT. Karenanya sudah menjadi keharusan bila sebelum pergi umrah hati kita harus ditata agar selalu berusaha bersih, suci dan jauh dari pikiran-pikiran kotor. Salah satu jalan yang baik adalah dengan bertaubat atas dosa serta kesalahan yang pernah diperbuat. Taubat yang dilakukan dengan sungguh-sungguh akan menjadi salah satu penentu atas kualitas ibadah umrah itu sendiri.
  • Meluruskan Niat
    Niat merupakan hal penting dalam melakukan amalan suatu ibadah. Apabila ibadah Anda ingin diterima Allah SWT, maka menanam ruh keikhlasan dihati dalam setiap menjalankan ibadah akan sangat membantu. Ikhlas yang dimaksud ialah menjalankan amalan maupun ibadah dengan tulus dan tertuju hanya mengharap keridhaan Allah semata.

Kesehatan Yang Prima

Ketika Anda sudah meniatkan diri akan menjalankan ibadah umrah, persiapan fisik yang prima adalah suatu keharusan. Perjalanan antar negara yang jauh dan kondisi cuaca di Arab Saudi yang ekstrim menuntut calon jamaah umrah untuk menyiapkan fisik dengan baik. Kalaupun sedang menderita sakit yang lama, setidaknya harus selalu berupaya untuk menjaga kestabilan tubuh dengan selalu berkonsultasi dengan dokter yang menangani.

Persiapan Administrasi Untuk Umrah

Tahap berikutnya yang harus Anda siapkan adalah tentang kesiapan administrasi yang harus dipenuhi sebelum berangkat umrah.

Lengkapi Dokumen Diri

Pada tahap ini kelengkapan dokumen Anda harus benar-benar lengkap dan tanpa kesalahan sedikitpun. Seperti kita ketahui, untuk pengurusan paspor dan visa diperlukan dokumen yang valid dan resmi. Kesalahan satu huruf saja pada nama dipastikan akan jadi masalah ketika verifikasi data. Apalagi saat ini semua database kependudukan sudah tersentralisasi. Oleh karena itu periksa semua dokumen pribadi Anda dengan teliti. Bila ada yang tidak sesuai, segera lakukan perbaikan atau penyempurnaan data.

Dokumen pokok yang harus disiapkan dan diperiksa kesesuaiannya adalah :

  • e-KTP
  • Kartu Keluarga
  • Paspor (bagi yang sudah memiliki)
  • Buku nikah
  • Akte kelahiran / Surat Keterangan Lahir (salah satu kelengkapan pengurusan paspor dan visa)
  • Ijasah terakhir (salah satu kelengkapan pengurusan paspor dan visa)

Pilih Travel Umrah

Banyaknya travel umrah yang ada di sekitar kita tentu membuat kita bingung harus pilih yang mana. Sebelum menentukan pilihan, sebaiknya lakukan survey secara lengkap. Survey bisa dilakukan dengan cara bertanya ke saudara, kenalan, tetangga dan sebagainya. Survey melalui browsing di internet juga diperlukan untuk jaman sekarang. Gali informasi dimanapun, sebelum memilih. Itu akan menghindarkan Anda dari penipuan-penipuan berkedok pemberangkatan umrah.

Untuk sedikit membantu Anda dalam menyeleksi travel umrah yang akan Anda pakai, acuan berikut bisa Anda jadikan pegangan.

  • Legalitas perusahaan travel
  • Tergabung dalam salah satu asosiasi usaha travel haji dan umrah
  • Riwayat atau track record dalam melayani jamaah selama ini
  • Alamat dan kedudukan kantor pusat dan atau kantor cabang yang dimiliki
  • Pastikan mekanisme pembayarannya
  • Jangan tergiur dengan harga paket perjalanan murah. Periksa detailnya.
  • Pastikan tidak ada bisnis lain dalam travel tersebut, seperti MLM dan sebagainya
  • Bisa memastikan tanggal keberangkatan umrah (jadwal penerbangan)
  • Bisa memastikan hotel apa yang akan dipakai
  • Transportasi dan konsumsi selama di Arab Saudi bagaimana penyediaannya
  • Kapan ada kepastian visa bisa Anda terima
  • Pemandu atau pembimbing selama di Arab Saudi harus tersedia
  • Ketersediaan manasik umrah

Siapkan Dana Cukup

Travel umrah dalam menentukan harga perjalanannya memang bervariasi. Tergantung dari paket yang disediakan. Saat ini untuk paket standar harganya di kisaran 25 juta sampai 35 juta rupiah. Dari biaya sejumlah itu tentu Anda harus bisa menyesuaikan dengan kemampuan untuk pembayarannya. Pilihannya, dibayar lunas ataukah dengan cara bertahap (angsuran).

Saat ini travel-travel yang berkualitas sudah banyak bekerjasama dengan bank. Oleh karena itu pastikan kesanggupan dana dan pembayaran Anda melalui bank yang telah ditunjuk atau yang telah bekerjasama.

Persiapan Sebelum Umrah

Menjelang Keberangkatan Umrah

Semakin mendekati jadwal keberangkatan umrah, Anda akan semakin disibukkan. Tetap menjaga kesehatan akan lebih penting mengingat persiapan seperti di bawah ini semakin membutuhkan perhatian.

Ikuti Manasik Umrah

Manasik umrah sangat penting untuk diikuti. Peragaan cara dan urutan ibadah umrah harus Anda ikuti dengan cermat agar saat berada di Tanah Suci tidak terjadi hal-hal yang mengganggu kelancaran ibadah umrah Anda. Manasik umrah ini diadakan oleh travel penyelenggara umrah. Jadi selalu berkoordinasi dengan pihak travel agar tidak ketinggalan informasi pelaksanaan manasik umrah.

Susun Daftar Bawaan

Langkah ini sebaiknya Anda lakukan jauh-jauh hari sebelumnya. Jangan sekali-kali menyusun daftar barang bawaan dalam kondisi yang mepet dengan jadwal pemberangkatan. Banyak terjadi, akan banyak barang yang terlupakan untuk Anda bawa padahal barang tersebut sangat penting artinya di Tanah Suci.

Barang bawaan ini ada dua kelompok, yaitu barang yang diberikan travel umrah dan barang yang memang untuk keperluan Anda sendiri. Meskipun membawa barang-barang pribadi, Anda harus tetap ingat bahwa ada batas bobot barang bawaan yang akan dinaikkan pesawat terbang. Jadi,lebih selektif dalam penyusunan barang bawaan.

Untuk barang atau perlengkapan dari travel umrah biasanya berupa ; tas koper, kain ihram, sabuk ihram, mukena, jilbab, tas selempang, buku doa, kain batik. Tentu saja barang-barang tersebut akan dibedakan menurut jenis kelaminnya saat diserahkan.

Untuk pengemasan barang-barang bawaan Anda ini lebih baik Anda berkoordinasi dengan pihak travel dan pendamping rombongan Anda. Karena penataan ini juga harus menyesuaikan dengan regulasi penerbangan yang sangat ketat.

Siapkan Barang Oleh-Oleh

Barang oleh-oleh ini bukanlah hal yang wajib untuk dibawa pulang, tetapi barang yang akan dirindukan saudara, keluarga, relasi dan tetangga Anda. Agar tidak terlewatkan ke siapa saja Anda akan memberikan oleh-oleh, lebih baik susun dalam daftar kebutuhan untuk Anda bawa ke Arab Saudi. Pastikan tidak ada yang terlewatkan, termasuk jumlah masing-masing jenis barang.

Segala persiapan sudah Anda lakukan. Mulai dari persiapan batin, fisik dan materi. Saatnya Anda berserah kepada Allah SWT, untuk menyerahkan rencana dan usaha yang telah Anda lakukan ini. Semuanya demi ridha dari Allah SWT.

Leave a Reply

You cannot copy content of this page